Cut and Fill Proyek

Cut and fill merupakan salah satu istilah dalam konstruksi. Arti dari istilah tersebut adalah Menggali dan Menimbun. Jadi Cut and Fill merupakan proses pengerjaan tanah dimana sejumlah material baik tanah maupun bebatuan yang diambil dari tempat tertentu dan kemudian dipindahkan ketempat lain agar tercipta elevasi yang diinginkan.

Umumnya tujuan Cut and Fill adalah untuk menciptakan permukaan tanah yang lebih rata agar proses konstruksi pembangunan lebih mudah. Cut and Fill merupakan bagian penting bahkan hampir menjadi bagian utama dari pekerjaan konstruksi. Pekerjaan ini membutuhkan perencanaan dan pengukuran dengan teliti sebelum memulai pekerjaan di lapangan, berikut adalah beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu:

  • Survey Lapangan
  • Pengukuran Lahan
  • Pengolahan Data Collection
  • Route/Budget Planning Presentation

Dalam proses Cut and Fill, salah satu faktor yang mempengaruhi proses pekerjaan adalah kondisi tanah, dimana tanah sendiri merupakan material yang terdiri dari agregat mineral-mineral padat. Material tersebut tersementasi satu sama lain dan tercampur juga dengan bahan organik yang melapuk serta terdapat juga zat cair atau gas yang mengisi ruang diantara partikel padat dalam tanah.

Ada berbagai sifat tanah yang disebut dengan pasir, lempung, lanau, maupun lumpur. Semuanya memiliki ukuran partikel yang berbeda serta karakteristik yang berbeda pula, kondisi tersebutlah yang dapat mempengaruhi volume tanah serta proses pendistribusiannya dan hal ini menjadi salah satu faktor berapa besaran budget proyek sampai dengan keberhasilkan konstruksi yang dijalankan.

Berikut beberapa dokumentasi dari project yang kami kerjakan